DKI batalkan pinjaman bank dunia Proyek JEDI

pemerintah provinsi dki jaya membatalkan pinjaman daripada bank dunia supaya pelaksanaan pekerjaan pengerukan sungai dan waduk jakarta atau jakarta emergency dredging initiative (jedi).

pinjaman tersebut dibatalkan karena syarat-syaratnya terlalu rumit dan memberatkan. jadi, kami pikir lebih baik pinjaman ini kita batalkan saja, papar wakil gubernur dki jakarta ,basuki purnama, selama balai kota, jakarta pusat, selasa.

dia tak ungkap keberatan dan kerumitan skema peminjaman dana terhadap bank dunia tersebut. pemerintah provinsi dki jaya serta telah mengirimkan surat pada kementerian perhatian umum tenntang pembatalan pinjaman daripada bank dunia itu.

tapi, ini bukan berarti proyek jedi dibatalkan. proyek jedi tetap dilaksanakan, hanya saja dananya bukan lagi daripada bank dunia, ternyata daripada apbd dki, ujar dia.

Informasi Lainnya:

sebagai info, situs pengerukan 11 sungai serta empat waduk dan disukai dengan nama jedi itu sudah dimulai sejak 2008 lalu. kemudian, saat ini program itu diganti namanya menjadi jakarta urgent flood mitigation project (jufmp).

anggaran dan diperlukan selama situs jedi atau jufmp itu adalah sebesar 190 juta dolar amerika serikat. bank dunia menyerahkan pinjaman lunak pada pemerintah indonesia sebesar 139 juta dolar amerika serikat.

sementara sisanya, yakni 51 juta dolar amerika serikat diambil daripada apbn juga apbd dki jakarta.