PM Turki tetap akan ke Gaza sekalipun AS keberatan

perdana menteri turki recep tayyip erdogan selama selasa menyampaikan ingin tetap menggarap perjalanan ke jalur gaza pas melalui rencana pada bulan depan, meskipun amerika serikat menyerukan menunda kunjungan itu.

tidak ada masalah agar menunda perjalanan itu, tutur erdogan selama televisi turki, lapor afp.

washington sudah mendesak erdogan agar menunda mengunjungi wilayah palestina yang miskin tersebut melalui menyampaikan apabila keputusan itu hendak mengganggu upaya amerika serikat agar menghidupkan kembali proses perdamaian selama timur tengah dan hampir mati.

erdogan menekankan bila waktu dan tepat untuk kunjungannya ke gaza hendak ditetapkan sesudah ia menggarap pertemuan melalui presiden amerika serikat barack obama di gedung putih dalam 16 mei.

Informasi Lainnya:

dalam perjalanan ke istanbul pada akhir pekan, menteri luar negeri amerika serikat john kerry menyampaikan bila perjalanan itu hendak lebih menarik jika ditunda seraya mendesak erdogan supaya menunggu situasi yang tidak salah.

itu adalah perasaan kami dengan konstruktif bahwa kami berpikir bila waktunya sangat bermanfaat sehubungan melalui proses perdamaian dan kami silahkan untuk wujudkan, tegas kerry.

erdogan mengecam balik komentar kerry dengan tegas juga menyampaikan, kami berharap dia tak menyampaikan tersebut.

pada senin, ankara mengatakan tidka puas melalui komentar kerry.

pernyataan kerry tidak tepat dengan diplomatis papar wakil perdana menteri turki bulent arinc pada wartawan.

terserah pemerintah kami supaya menentukan ke mana perdana menteri kami ataupun pejabat terpercaya turki melawat serta kapan.