Menkes: lima penyakit kuras anggaran Jamkesmas

menteri kesehatan dr nafsiah mboi menyebutkan banyak lima bidang penyakit tak menular yang cukup menguras anggaran jaminan kesehatan warga serta jamkesmas.

kelima penyakit itu meliputi gagal ginjal, penyakit paru, kanker, stroke dan jantung, sebutnya saat membuka rapat kerja kesehatan nasional 2013 regional timur pada hotel grand clarion, makassar, senin malam.

menurutnya, alokasi anggaran untuk jamkesmas yang digelontorkan pemerintah pusat ke daerah sebanyak rp34,5 triliun, 83 persennya dihabiskan untuk penanganan lima jenis penyakit itu.

hanya 17 persen digunakan agar pengobatan lainnya, papar perempuan kelahiran sengkang, sulawesi selatan ini.

Informasi Lainnya:

menkes memaparkan, kondisi yang paling ada terjadi pada penyakit paru, dan sudah ditangani secara serius. penyakit paru atau tb, kata dia, lebih banyak diakibatkan dengan kaum perokok aktif maupun pasif.

untuk itu diharapkan semua daerah menggarap perlawanan dengan memesan perda tentang rokok. sebaiknya bungkus rokok dikampanyekan bergambar perihal dampak yang ditimbulkan dan ada peringatan pemerintah dan melalui jelas dicantumkan, tuturnya.

sebelumnya, indonesia telah mendapatkan achievement award dari global health usaid dijadikan negara yang paling berhasil dalam memenangkan permasalahan tuberkulosis (tb).

tidak hanya tersebut, penghargaan yang lain pada situs pengendalian tb pada indonesia serta sudah memperoleh apresiasi dari internasional. penghargaan champion award for exceptional work in the fight againts tb.

pencapaian indikator target millenium development goals (mdgs) supaya tb pada indonesia cukup memuaskan juga diperkirakan semua indikator tb ingin dicapai sebelum waktu dan ditetapkan pada tahun 2015.